The dummy writes for dummies about what postmodernism is. (Yup, that's me and...)
Ketika itu saya berada dalam sebuah presentasi kelas yang membahas tentang postmodernism, well, kala itu saya bertanya pada yang empunya presentasi, "Apa bedanya modern n postmodern???"
Saya yang saat itu sedang bingung bukan main (jujur aja karena emang gak menerapkan close reading) malah balik ditanya (sama dosennya pula) "Memang apa yang kamu ketahui tentang modern atau postmodern?"
Saya nyengir kuda dan menjawab sekenanya, tapi ternyata jawaban saya gak salah-salah amat (meski gak begitu bener juga, hehehe) ya karena semuanya serba absurd: termasuk saya. Dan sekarang setelah saya melewati semua proses perkuliahan tersebut saya bukannya lebih tahu akan pertanyaan itu, justru saya balik mempertanyakan semua pertanyaan-perrtanyaan yang jawabannya... (halah entahlah).
Beberapa hari yang lalu, saya menemukan harta karun, yang sudah agak berdebu, lusuh dan hampir robek (yup, buku), yang teronggok di dasar lemari buku saya. Saya membacanya kembali, dan saya mengutuki diri saya, kenapa waktu itu saya gak baca aja buku ini, judulnya Postmodern for Beginner dan bisa anda dapatkan disini: "klik aja" bahasanya mudah, bergambar pula, cocok buat orang yang bingungnya sama seperti saya dulu (sekarang juga sih).
Dari situ setidaknya saya bisa menyimpulkan beberapa point tentang postmodernism dan kritiknya terhadap modernism:
(Correct me if I was wrong)
Pertama: (menurut Lyotard) Adanya penolakan terhadap grand narasi yang diagung-agungkan pada modernism. Dan justru bertindak skeptis pada grand narasi tersebut karena dalam grand narasi tersebut tersembunyi pemikiran-pemikiran yang ideologis yang tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk memonopoli, menguasai, mendominasi, me... (apalagi ya??) suatu yang lebih inferior atau minor. Contohnya pemikiran bahwa kaum laki-laki harus melindungi perempuan yang sebenarnya hanya untuk mengamini bahwa laki-laki lebih superior dibanding liyannya. Lyotard juga lebih menekankan kepada heterogenity, yang mungkin maksudnya bahwa ide-ide tidak harus dibungkus pada satu grand narasi tertentu melainkan membiarkan mereka tetap berbeda-beda, heterogen, dengan serpihan-serpihan kecilnya.
Kedua: (menurut Baudrillard) orang-orang yang hidup pada masa postmodern merupakan sekumpulan image ultra-technological yang mengkonsumsi dan juga dikonsumsi oleh kehidupan yang hyperreal melalui berbagai jenis media (TV, internet, film, iklan, majalah, dan antek-anteknya) atau disebut juga mindscreen, dimana kita hanya bisa menjadi pihak yang pasif dan menyerah, yang cuma bisa melihat bahwa kehidupan kita berada dalam media-media tersebut, atau malah sebaliknya kehidupan kita terbentuk oleh media-media itu.
Ketiga: Adanya peruntuhan, atau bahasa kerennya dekonstruksi terhadap oposisi biner, seperti laki-laki/perempuan, baik/buruk, hitam/putih, benar/salah, Barat/Timur, dll. Dalam hal ini postmodern berada dalam lingkup yang abu-abu yang menolak adanya pembeda terhadap kategori biner tersebut. Jika menurut kaum strukturalist, kata "laki-laki" merupakan bentukan untuk membedakan diri dari sifat "perempuan" (dia laki-laki karena dia bukan perempuan), menurut postmodernist signified dan signifier justru tidak memiliki batasan, aturan, atau keterikatan yang mutlak.
Keempat: (kali ini menurut Charles Jencks) saya cuma mengerti bahwa, adanya double coding, tentang representasi modernism dengan sesuatu yang lain yaitu, 'liyannya'--the Other. Para pemikir postmo berpendapat bahwa tidak ada sudut pandang yang dominan, semuanya menjadi plural dan menyerang the Other
Kelima: (menurut saya) Lalu masa setelah postmodern ini disebut apa ya? Post-postmodernism, post-hyperreality, post-deconstruction, post-postfeminism, hmmm saya pilih post-hansip aja deh, aman gak ada maling, loh???
Semoga setelah baca tulisan saya ini anda tidak menjadi lebih dumm dumm dibandingkan saya hehehe.
Ketika itu saya berada dalam sebuah presentasi kelas yang membahas tentang postmodernism, well, kala itu saya bertanya pada yang empunya presentasi, "Apa bedanya modern n postmodern???"
Saya yang saat itu sedang bingung bukan main (jujur aja karena emang gak menerapkan close reading) malah balik ditanya (sama dosennya pula) "Memang apa yang kamu ketahui tentang modern atau postmodern?"
Saya nyengir kuda dan menjawab sekenanya, tapi ternyata jawaban saya gak salah-salah amat (meski gak begitu bener juga, hehehe) ya karena semuanya serba absurd: termasuk saya. Dan sekarang setelah saya melewati semua proses perkuliahan tersebut saya bukannya lebih tahu akan pertanyaan itu, justru saya balik mempertanyakan semua pertanyaan-perrtanyaan yang jawabannya... (halah entahlah).
Beberapa hari yang lalu, saya menemukan harta karun, yang sudah agak berdebu, lusuh dan hampir robek (yup, buku), yang teronggok di dasar lemari buku saya. Saya membacanya kembali, dan saya mengutuki diri saya, kenapa waktu itu saya gak baca aja buku ini, judulnya Postmodern for Beginner dan bisa anda dapatkan disini: "klik aja" bahasanya mudah, bergambar pula, cocok buat orang yang bingungnya sama seperti saya dulu (sekarang juga sih).
Dari situ setidaknya saya bisa menyimpulkan beberapa point tentang postmodernism dan kritiknya terhadap modernism:
(Correct me if I was wrong)
Pertama: (menurut Lyotard) Adanya penolakan terhadap grand narasi yang diagung-agungkan pada modernism. Dan justru bertindak skeptis pada grand narasi tersebut karena dalam grand narasi tersebut tersembunyi pemikiran-pemikiran yang ideologis yang tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk memonopoli, menguasai, mendominasi, me... (apalagi ya??) suatu yang lebih inferior atau minor. Contohnya pemikiran bahwa kaum laki-laki harus melindungi perempuan yang sebenarnya hanya untuk mengamini bahwa laki-laki lebih superior dibanding liyannya. Lyotard juga lebih menekankan kepada heterogenity, yang mungkin maksudnya bahwa ide-ide tidak harus dibungkus pada satu grand narasi tertentu melainkan membiarkan mereka tetap berbeda-beda, heterogen, dengan serpihan-serpihan kecilnya.
Kedua: (menurut Baudrillard) orang-orang yang hidup pada masa postmodern merupakan sekumpulan image ultra-technological yang mengkonsumsi dan juga dikonsumsi oleh kehidupan yang hyperreal melalui berbagai jenis media (TV, internet, film, iklan, majalah, dan antek-anteknya) atau disebut juga mindscreen, dimana kita hanya bisa menjadi pihak yang pasif dan menyerah, yang cuma bisa melihat bahwa kehidupan kita berada dalam media-media tersebut, atau malah sebaliknya kehidupan kita terbentuk oleh media-media itu.
Ketiga: Adanya peruntuhan, atau bahasa kerennya dekonstruksi terhadap oposisi biner, seperti laki-laki/perempuan, baik/buruk, hitam/putih, benar/salah, Barat/Timur, dll. Dalam hal ini postmodern berada dalam lingkup yang abu-abu yang menolak adanya pembeda terhadap kategori biner tersebut. Jika menurut kaum strukturalist, kata "laki-laki" merupakan bentukan untuk membedakan diri dari sifat "perempuan" (dia laki-laki karena dia bukan perempuan), menurut postmodernist signified dan signifier justru tidak memiliki batasan, aturan, atau keterikatan yang mutlak.
Keempat: (kali ini menurut Charles Jencks) saya cuma mengerti bahwa, adanya double coding, tentang representasi modernism dengan sesuatu yang lain yaitu, 'liyannya'--the Other. Para pemikir postmo berpendapat bahwa tidak ada sudut pandang yang dominan, semuanya menjadi plural dan menyerang the Other
Kelima: (menurut saya) Lalu masa setelah postmodern ini disebut apa ya? Post-postmodernism, post-hyperreality, post-deconstruction, post-postfeminism, hmmm saya pilih post-hansip aja deh, aman gak ada maling, loh???
Semoga setelah baca tulisan saya ini anda tidak menjadi lebih dumm dumm dibandingkan saya hehehe.
Comments